Penggunaan A, An, The dalam Bahasa Inggris Mudah Dipahami - EnglishCoo (2024)

EnglishCoo – Penggunaan A An The dalam kalimat Bahasa Inggris dan artinya. Pelajari pengertian, perbedaan serta jenis-jenis artikel yaitu Definite Article & Indefinite Article. Yuk praktek latihan soal tentang artikel A, An, The.

Pernahkah kamu merasa kebingungan dengan penggunaan A An The? Apa arti kata A, An, The? Apakah perbedaan antara A dan An? Kapan seharusnya menggunakan The? Wah, banyak sekali ya pertanyaannya! Tenang, EnglishCoo membahas semuanya dalam postingan ini.

Penggunaan A An The merupakan salah satu materi dasar grammar Bahasa Inggris. Walaupun terdiri dari satu sampai tiga huruf saja, materi grammar ini tidak boleh disepelekan. Pemahaman penggunaan A, An, The dapat mengantarkanmu pada tingkat kemahiran lebih tinggi. Jika ingin mahir berbahasa Inggris, pelajari materi ini dengan baik ya.

belajar bahasa inggris untuk pemula

Pernah mendengar jenis artikel Bahasa Inggris yaitu Definite dan Indefinite? Dalam postingan ini, kamu akan berkenalan dengan Definite Article dan Indefinite Article. Jangan pusing dulu membaca istilah-istilah asing ini ya. Mereka tak jauh-jauh dari materi penggunaan A An The.

Postingan ini mengupas tuntas tentang artikel Bahasa Inggris dalam 5 subpoin sebagai berikut.

  1. Mengenal Artikel Bahasa Inggris: Definite & Indefinite
  2. Pengertian A An The sebagai Artikel Bahasa Inggris
  3. Perbedaan Penggunaan A An The sebagai Artikel Bahasa Inggris
  4. Penggunaan A An The dalam Kalimat Bahasa Inggris
  5. Latihan Soal A An The dalam Bahasa Inggris

Jika kamu ingin mempelajari materi tertentu, silahkan scroll ke subpoin yang diinginkan. Pilih materi yang ingin kamu pelajari tanpa harus belajar secara berurutan. Wah, asyik ya!

1. Mengenal Artikel Bahasa Inggris: Definite & Indefinite

Penggunaan A, An, The dalam Bahasa Inggris Mudah Dipahami - EnglishCoo (2)

Sewaktu di bangku sekolah, guru saya pernah memberi saran untuk belajar lebih banyak tentang Artikel Bahasa Inggris. Saya hanya manggut-manggut saja. Kemudian guru tersebut mengetes pemahaman saya dengan bertanya lagi apa itu artikel Bahasa Inggris. Dengan polos, saya menjawab itu semacam tulisan atau karangan faktual.

Guru saya tersenyum manis. Ia kemudian memberi penjelasan apa itu artikel Bahasa Inggris. Mungkin ada di antara kamu berpikiran sama seperti saya dulu? Beranggapan bahwa artikel Bahasa Inggris adalah karangan atau tulisan? Bukan ya, kita tidak membahas karangan atau tulisan di sini. Trus apa dong?

Istilah Article dalam Bahasa Inggris sama artinya dengan “Kata Sandang” dalam Bahasa Indonesia. Apakah kamu sudah belajar materi Kata Sandang dalam pelajaran Bahasa Indonesia? Contoh kata sandang dalam Bahasa Indonesia adalah Si, Sang, Para. Sedangkan contoh kata sandang (Article) dalam Bahasa Inggris adalah A, An, The.

Penggunaan artikel dalam sebuah kalimat untuk menjelaskan kata benda (Noun). Jadi, artikel (A, An, The) berfungsi untuk memberi keterangan lebih lanjut tentang benda. Ada 2 jenis Artikel dalam Bahasa Inggris paling populer yaitu Definite dan Indefinite. Apa itu Definite Article dan Indefinite Article? Yuk simak penjelasan sederhana kedua jenis artikel berikut.

DEFINITE ARTICLE

Apa yang dimaksud dengan Definite? Apabila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, Definite artinya “pasti, tertentu, spesifik, jelas, nyata, tepat”. Dari ketiga kata sandang dalam Bahasa Inggris (A An The), artikel yang menunjukkan kata benda secara pasti, spesifik dan jelas adalah THE.

Penggunaan The dalam kalimat Bahasa Inggris menunjukkan kata benda (Noun) spesifik yang sudah jelas dan pasti. Benda ini biasanya sudah disebutkan sebelumnya sehingga pembicara dan pendengar sudah paham benda mana yang dimaksud.

Contoh: Where is the bag that you bought yesterday? (Di mana tas yang kamu beli kemarin?) Penggunaan The pada the bag menunjukkan tas secara spesifik, yaitu yang dibeli (olehnya) kemarin. Pendengar sudah tahu tas mana yang dimaksud oleh pembicara.

Artikel The dapat digunakan untuk semua jenis kata benda, yaitu benda tunggal – dapat dihitung (Singular Countable), benda jamak – dapat dihitung (Plural Countable) dan benda tidak dapat dihitung (Uncountable). Misalnya:

  • the city – the cities
  • the child – the children
  • the apple – the apples
  • the elephant – the elephants
  • the sugar
  • the water

Yap, materi bahasa Inggris memang buanyaaakk banget. Jika tahu mulai belajar dari mana, kamu dapat membuat kalimat bahasa Inggris dengan cepat dan mudah lho. Rahasianya ada di ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir. Dalam ebook ini materinya lengkap banget, step by step, dan sangat mudah dipahami. Kamu akan tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang!

INDEFINITE ARTICLE

Bisakah kamu menebak apa itu Indefinite Article apabila saya beri clue bahwa ini adalah kebalikan dari Definite? Hm… Terjemahan kata Indefinite dalam Bahasa Indonesia adalah “tidak tentu, tidak tetap, tidak pasti”. A dan An merupakan kata sandang yang termasuk jenis Indefinite Article.

Penggunaan A dan An dalam kalimat Bahasa Inggris menunjukkan kata benda (Noun) lebih umum atau general. A dan An biasanya digunakan saat menyebutkan benda pertama kalinya dan benda tersebut bersifat umum. Dengan kata lain, benda yang dimaksud tidak spesifik, tidak jelas dan tidak pasti.

Contoh: Many people bring a bag to work. (Banyak orang membawa sebuah tas untuk bekerja.) Penggunaan A pada a bag menunjukkan tas secara umum. Pendengar dapat membayangkan sebuah benda bernama tas, tapi tidak tahu tas mana yang dimaksud.

Artikel A dan An hanya dapat digunakan untuk jenis kata benda tunggal – dapat dihitung (Singular Countable Noun). Namun A dan An TIDAK dapat digunakan untuk benda jamak (Plural Countable) dan benda tidak dapat dihitung (Uncountable). Misalnya:

  • a city – a cities
  • a child – a children
  • an apple – an apples
  • an elephant – an elephants
  • a sugar
  • a water

Mencari contoh kata benda & Regular – Irregular Nouns? Yuk tambah pengetahuan dengan memilih artikel berikut berisi daftar Nouns:

  • Kata Benda Bahasa Inggris dari A sampai Z Beserta Artinya
  • Regular dan Irregular Plural Nouns dalam Bahasa Inggris Populer
  • Contoh Kalimat Noun Menggunakan Kata Benda Populer

Apa arti kata A, An dan The? Jika kamu ingin tahu pengertian, perbedaan serta penggunaan A An The dalam kalimat Bahasa Inggris, lanjut belajar ke subpoin berikutnya ya.

2. Pengertian A An The sebagai Artikel Bahasa Inggris

Penggunaan A, An, The dalam Bahasa Inggris Mudah Dipahami - EnglishCoo (4)
Setelah mengenal artikel Bahasa Inggris yaitu Definite Article dan Indefinite Article, apakah kamu bisa menjelaskan arti A, An, The? Apa yang dimaksud dengan A, An dan The? Setelah tahu artinya, kamu akan lebih paham penggunaan artikel A An The.

belajar bahasa inggris untuk pemula

Kita akan membahas penggunaan A An The masing-masing secara terpisah sesuai dengan jenisnya. Masih ingat kan jenis-jenis artikel dibahas pada subpoin pertama? A dan An termasuk Indefinite Article, sedangkan The termasuk jenis Definite Article. Kita mulai dari A dan An ya.

APA ARTI A DAN AN

Apa arti kata A dan An? Apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, A dan An berarti kata benda berjumlah SATU. Misalnya: sebuah, seorang, sebutir, sebatang, sehelai, sepotong, sepasang, sepiring, dst.

Jadi, penggunaan A dan An adalah untuk menyatakan satu benda. Karena jumlahnya hanya satu, tentu saja benda tersebut tunggal (Singular) dan dapat dihitung (Countable). Contoh penggunaan A dan An adalah a ball, a car, a cat, a person, a university, an apple, an ant, an umbrella, an hour.

APA ARTI THE

Selanjutnya, apa arti The? Apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, The berarti ITU. Artikel The mengacu pada benda secara spesifik. Biasanya benda tersebut sudah disebutkan pada percakapan sebelumnya. Baik pembicara maupun pendengar sudah tahu benda mana yang dimaksud.

Jadi, penggunaan The adalah untuk menyatakan benda spesifik, tak peduli jumlahnya satu atau banyak. Oleh karena itu, The digunakan pada semua jenis kata benda (Singular Countable, Plural Countable, & Uncountable). Contoh penggunaan The adalah the ball – the balls, the cat – the cats, the person – the people, the university – the universities, the rain, the advice, the homework, the money.

Sudah tahu penggunaan Another, Other, Others, The Other & The Others dalam kalimat? Atau ingin paham kata ganti dalam Bahasa Inggris (Pronoun)? Jangan lewatkan materi dasar berikut:

  • Penggunaan Other, Others, The Other, The Others, Another dalam Bahasa Inggris

3. Perbedaan Penggunaan A An The sebagai Artikel Bahasa Inggris

Penggunaan A, An, The dalam Bahasa Inggris Mudah Dipahami - EnglishCoo (6)
Banyak peluang emas tak dapat diambil jika kemampuan bahasa Inggris kurang baik. Manfaatkan waktu yang kamu miliki untuk upgrade diri menguasai bahasa Inggris. Dengan ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir, kamu tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang! Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena melewatkan kesempatan untuk menguasai bahasa Inggris.

Penggunaan A An The sama-sama untuk menjelaskan kata benda (Noun). Setelah belajar pengertian A, An, The pada subpoin kedua, dapatkah kamu melihat perbedaan penggunaan A An The?

PERBEDAAN A DAN AN

Artikel A dan An sama-sama digunakan untuk benda secara umum berjumlah satu. Penggunaan keduanya untuk kata benda tunggal – dapat dihitung (Singular Countable). Bedanya terletak pada pengucapan (Pronunciation) suku kata pertama pada kata selanjutnya, baik itu kata benda maupun kata sifat.

Artikel A digunakan pada kata yang pengucapan suku kata pertamanya berbunyi huruf konsonan / huruf mati (BCDFGHJKLMNPQRSTVWXYZ). Jadi, penggunaan A untuk pengucapan suku kata pertama berbunyi KONSONAN. Fokus pada pengucapan, bukan ejaan. Contoh: a plate, a man, a delicious apple, a new umbrella, a user, a university, a unicorn, a European.

Artikel An digunakan pada kata yang pengucapan suku kata pertamanya berbunyi huruf vokal / huruf hidup (AIUEO). Jadi, penggunaan An untuk pengucapan suku kata pertama berbunyi VOKAL. Fokus pada pengucapan, bukan ejaan. Contoh: an umbrella, an apple, an empty plate, an old man, an honest girl, an hour, an MBA, an FBI.

PERBEDAAN PENGGUNAAN A AN THE

Dilihat dari pengertiannya, A dan An berarti SATU, entah itu sebuah, sebatang, sehelai, seekor, seorang, dsb. Sedangkan The memiliki arti ITU, entah bendanya berjumlah satu maupun banyak.

Dilihat dari fungsinya, A dan An menyatakan sebuah benda secara umum atau general. Biasanya benda tersebut baru disebutkan pertama kali. Sedangkan The menyatakan benda secara spesifik. Pembicara dan pendengar sudah tahu benda mana yang dimaksud.

Dilihat dari penggunaan, A dan An hanya bisa dipasangkan dengan kata benda tunggal – dapat dihitung (Singular Countable). Sedangkan The dapat digunakan untuk semua jenis kata benda (Singular Countable, Plural Countable, & Uncountable).

Ingin meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris? Pilih dan pelajari materi-materi berikut.

  • Contoh Kalimat Adjective Menggunakan Kata Kata Sederhana
  • Contoh Kalimat Degree of Comparison (Positive, Comparative, Superlative)

Kesimpulannya, penggunaan A dan An untuk benda secara umum yang dapat dihitung dan jumlahnya hanya satu. Sedangkan penggunaan The menjelaskan kata benda secara spesifik yang jumlahnya satu atau banyak.

  • A / AN + SINGULAR COUNTABLE NOUN
  • A + CONSONANT SOUND
  • AN + VOWEL SOUND
  • THE + SINGULAR COUNTABLE NOUN
  • THE + PLURAL COUNTABLE NOUNS
  • THE + UNCOUNTABLE NOUN

Supaya bisa melihat lebih jelas perbedaan penggunaan A An The, yuk perhatikan contoh kata atau frase benda berikut.

A / AN

THE

C
O
U
N
T
A
B
L
E
a platethe plate, the plates
a boxthe box, the boxes
a citythe city, the cities
a manthe man, the men
a womanthe woman, the women
a childthe child, the children
a userthe user, the users
a universitythe university, the universities
a Europeanthe European, the Europeans
a sweet tomatothe sweet tomato, the sweet tomatoes
a rotten eggthe rotten egg, the rotten eggs
a wild animalthe wild animal, the wild animals
an applethe apple, the apples
an orangethe orange, the oranges
an umbrellathe umbrella, the umbrellas
an actressthe actress, the actresses
an ideathe idea, the ideas
an examthe exam, the exams
an owlthe owl, the owls
an hourthe hour, the hours
an FBI agentthe FBI agent, the FBI agents
an honest boythe honest boy, the honest boys
an old dressthe old dress, the old dresses
an empty platethe empty plate, the empty plates
U
N
C
O
U
N
T
A
B
L
E
a sugarthe sugar
a waterthe water
a moneythe money
a patiencethe patience
a safetythe safety
an airthe air
an advicethe advice
an enthusiasmthe enthusiasm
an informationthe information
an electricitythe electricity

Ingin meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris? Salah satu caranya dengan mempelajari materi-materi berikut:

  • Contoh Preposition dan Kalimat Menggunakan Kata Depan Bahasa Inggris

4. Penggunaan A An The dalam Kalimat Bahasa Inggris

Penggunaan A, An, The dalam Bahasa Inggris Mudah Dipahami - EnglishCoo (7)
Supaya bisa merangkai kata-kata menjadi kalimat, kamu perlu belajar tentang kata, frase, klausa, dan kemudian kalimat. Jika tahu mulai belajar dari mana, kamu dapat membuat kalimat bahasa Inggris dengan cepat dan mudah lho. Caranya ada di ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir. Dalam ebook ini materinya lengkap banget, step by step, dan sangat mudah dipahami. Kamu akan tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang!

Setelah mengenal Definite dan Indefinite, mengetahui pengertian serta perbedaan artikel A, An, The, dapatkah kamu menggunakannya dalam kalimat Bahasa Inggris? Tujuan belajar semua subpoin di atas agar paham penggunaan A An The serta dapat praktek membuat kalimat Bahasa Inggris menggunakan artikel A, An, The.

KAPAN PENGGUNAAN A

Dapatkah kamu menyimpulkan kapan menggunakan artikel A? Berikut ini dirangkum penggunaan A dalam Bahasa Inggris.

  • Untuk kata benda tunggal – dapat dihitung (SINGULAR COUNTABLE NOUN) secara umum / general, misalnya a dog, a potato, a spoon.
  • Untuk kata benda diawali oleh bunyi konsonan (CONSONANT SOUND), misalnya a unicorn, a university, a European.
  • Untuk frase benda diawali oleh bunyi konsonan (CONSONANT SOUND), misalnya a new umbrella, a sweet and juicy orange, a great child.

KAPAN PENGGUNAAN AN

Selanjutnya kita menuju pada kesimpulan penggunaan artikel An dalam Bahasa Inggris, Dapatkah kamu menyebutkan salah satunya saja? Yuk kita simak selengkapnya.

  • Untuk kata benda tunggal – dapat dihitung (SINGULAR COUNTABLE NOUN) secara umum / general, misalnya an envelope, an animal, an enemy.
  • Untuk kata benda diawali oleh bunyi vokal (VOWEL SOUND), misalnya an hour, an heir, an honor.
  • Untuk frase benda diawali oleh bunyi vokal (VOWEL SOUND), misalnya an English teacher, an important letter, an excellent reader.

KAPAN PENGGUNAAN THE

Bagaimana dengan artikel The? Kapan penggunaan The dalam Bahasa Inggris? Semoga rangkuman ini bisa menambah pengetahuanmu ya. Yuk simak!

  • Untuk kata benda tunggal – dapat dihitung (SINGULAR COUNTABLE NOUN) secara spesifik, misalnya the dog, the potato, the envelope, the enemy.
  • Untuk kata benda jamak – dapat dihitung (PLURAL COUNTABLE NOUN) secara spesifik, misalnya the dogs, the potatoes, the envelopes, the enemies.
  • Untuk kata benda tak dapat dihitung (UNCOUNTABLE NOUN) secara spesifik, misalnya the salt, the pride, the happiness.
  • Menyebutkan satu-satunya benda / entitas di dunia serta bangunan terkenal, misalnya the sun, the earth, the sky, the moon, the Eiffel Tower, the Taj Mahal.
  • Menyebutkan satu-satunya benda yang ada di sekitar, misalnya the bathroom in your house, the park near your house, the temple in your village.
  • Menyebutkan perbandingan superlatif (Superlative Degree of Comparison), misalnya the best rapper, the highest building, the most amazing man.
  • Menyatakan frase benda berisi penomoran, misalnya the first runner, the third child, the last paradise.
  • Bersama dengan kata sifat mengacu pada sekelompok orang, misalnya the poor, the rich, the homeless.
  • Mengacu pada waktu yaitu masa sepuluh tahun (decade), misalnya the early eighties, the seventies, the 1960’s.

Ingin mahir membuat kalimat dalam Bahasa Inggris? Pilih dan pelajari materi dasar berikut:

  • Penggunaan Was dan Were dalam Kalimat Past Tense Sederhana
  • Penggunaan Have dan Has Ini Bikin Kamu Cepat Ngerti
  • Penggunaan Will dan Going To itu Sederhana dan Mudah Dipahami

Masih ada buanyak penggunaan The dalam Bahasa Inggris. Jika ingin menambahkan, silahkan tinggalkan komentar pada akhir postingan ini. Komen juga ya apa perlu EnglishCoo membuat satu postingan khusus membahas artikel The.

CONTOH PARAGRAF SINGKAT MENGGUNAKAN A AN THE

Perhatikan contoh penggunaan A An The dalam kalimat Bahasa Inggris berikut.

She is reading a book about Criminal Law. Actually, the book is difficult to understand. But she must read it for an exam. And yeah, the exam is tomorrow.

(Dia sedang membaca buku tentang Hukum Pidana. Sebenarnya buku itu sulit dipahami. Tapi dia harus membacanya untuk ujian. Dan yah, ujiannya besok.)

Perhatikan kata yang digarisbawahi a book, the book, an exam, the exam. Apakah kamu melihat dengan jelas penggunaan A An The pada contoh paragraf singkat di atas?

Penggunaan artikel A pada kata a book mengacu pada sebuah buku. Buku tersebut baru pertama kali disebutkan. Sedangkan penggunaan artikel The pada kata the book mengacu pada buku yang telah disebutkan sebelumnya.

Penggunaan artikel An pada kata an exam menyatakan sebuah ujian. Pembicara berasumsi bahwa sebelumnya pendengar belum mendapat informasi tentang ujian. Sedangkan penggunaan artikel The pada kata the exam mengarah pada ujian tersebut.

CONTOH PENGGUNAAN A AN THE DALAM KALIMAT BAHASA INGGRIS

  1. What a beautiful day! (Sungguh hari yang indah!)
  2. Are you an optimist? (Apakah Anda seseorang yang optimis?)
  3. Do you bring an umbrella? (Apkah kamu membawa payung?)
  4. Are you a doctor? (Apakah Anda seorang dokter?)
  5. I am not a doctor. (Saya bukan seorang dokter.)
  6. I am an entrepreneur. (Saya seorang pengusaha.)
  7. Are you writing a job application letter? (Apakah Anda sedang menulis surat lamaran kerja?)
  8. My mother wrote a complaint letter yesterday. (Ibuku menulis surat keluhan kemarin.)
  9. The letter was written to my school principal. (Surat itu ditujukan kepada kepala sekolahku.)
  10. I created a poster yesterday. (Saya membuat sebuah poster kemarin.)
  11. The poster was about a music event in our school. (Poster itu tentang acara musik di sekolah kami.)
  12. It is an example of what a good friend is for. (Inilah contoh apa gunanya seorang teman baik.)
  13. She lives in an old house in the village. (Ia tinggal di sebuah rumah tua di desa itu.)
  14. There isn’t an airport near here. (Tidak ada satu bandara di dekat sini.)
  15. Would you like to be an English teacher? (Apakah kamu ingin menjadi guru Bahasa Inggris?)
  16. This girl wants to buy a tomato, a carrot, and an egg. (Gadis ini ingin membeli satu tomat, satu wortel dan satu telur.)
  17. Where is the restroom? (Dimanakah kamar kecil?)
  18. Please open the window! (Tolong buka jendela itu!)
  19. Can you turn on the light, please? (Dapatkah Anda menyalakan lampu itu?)
  20. Her son hates going to the dentist. (Putranya benci pergi ke dokter gigi.)
  21. Sarah is cooking fried rice in the kitchen. (Sarah sedang memasak nasi goreng di dapur.)
  22. I am not going to the library. (Saya tidak pergi ke perpustakaan.)
  23. My sister really enjoyed the food you gave last night. (Adikku benar-benar menikmati makanan yang kamu berikan tadi malam.)
  24. Alexa is the smartest girl in our class. (Alexa adalah gadis terpintar di kelas kami.)
  25. Yesterday I went to the airport with my family. (Kemarin saya pergi ke bandara dengan keluarga.)

5. Latihan Soal Penggunaan A An The dalam Bahasa Inggris

Penggunaan A, An, The dalam Bahasa Inggris Mudah Dipahami - EnglishCoo (8)
Pada subpoin terakhir, kita akan praktek penggunaan A An The dalam Bahasa Inggris. Berikut 10 soal di mana kamu mengisi titik-titik dengan artikel A, An, atau The yang sesuai. Yuk kerjakan latihan soal agar pemahamanmu naik tingkat. Ada kunci jawabannya juga lho.

  1. What is ______ longest river in the world?
  2. Do you see ______ insect on my shirt?
  3. Can I speak to ______ manager of this restaurant, please?
  4. Have you finished reading ______ book I lent you?
  5. There is ______ hospital near my house.
  6. I don’t like her because she isn’t ______ honest woman.
  7. She wants to be ______ interpreter because she is able to speak many languages.
  8. ______ First World War lasted from 1914 to 1918.
  9. She is on diet. That’s why she eats ______ bowl of rice every day.
  10. Aunty Sabrina is ______ travel agent.

KUNCI JAWABAN

  1. What is the longest river in the world? (Apa sungai terpanjang di dunia?)
  2. Do you see an insect on my shirt? (Apakah kamu melihat seekor serangga di bajuku?)
  3. Can I speak to the manager of this restaurant, please? (Bisakah saya berbicara dengan manager di hotel ini?)
  4. Have you finished reading the book I lent you? (Sudahkah kamu selesai membaca buku yang kau pinjam?)
  5. There is a hospital near my house. (Ada sebuah rumah sakit di dekat rumahku.)
  6. I don’t like her because she isn’t an honest woman. (Saya tak suka dengannya karena ia bukanlah seorang perempuan yang jujur.)
  7. She wants to be an interpreter because she is able to speak many languages. (Ia ingin menjadi penerjemah karena mampu berbicara banyak bahasa.)
  8. The First World War lasted from 1914 to 1918. (Perang Dunia Pertama berlangsung dari tahun 1914 hingga 1918.)
  9. She is on diet. That’s why she eats a bowl of rice every day. (Ia sedang diet. Oleh karena itu ia makan semangkuk nasi setiap hari.)
  10. Aunty Sabrina is a travel agent. (Bibi Sabrina seorang agen perjalanan.)

Ingin menambah kosakata dan membuat puisi Bahasa Inggris? Temukan tips selengkapnya:

  • Nama Buah dalam Bahasa Inggris A-Z Beserta Artinya dan Cara Membacanya
  • Cara Ampuh Membuat Puisi Bahasa Inggris Keren
  • 9 Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris Ampuh dan Terbukti

***

Wah, akhirnya selesai juga ya pembahasan tentang Definite Article & Indefinite Article. Apakah sudah paham penggunaan A An The? Dapatkah kamu membuat kalimat Bahasa Inggris menggunakan A, An, The dengan kata-kata sendiri?

Materi A, An, The memang tampak remeh, hanya terdiri dari satu sampai tiga huruf saja. Tapi jangan salah! Penguasaan artikel Bahasa Inggris adalah salah satu kunci mencapai kemahiran yang hakiki. So, jangan sepelekan materi ini. Semangat belajar!

Website: www.englishcoo.com
Facebook: englishcoocom
Instagram: englishcoocom
Youtube: EnglishCoo

belajar bahasa inggris untuk pemula
Penggunaan A, An, The dalam Bahasa Inggris Mudah Dipahami - EnglishCoo (2024)

FAQs

Kapan menggunakan a an dan the? ›

Seperti kata sifat, artikel memodifikasi kata benda. Bahasa Inggris memiliki dua artikel: the dan a/an . The digunakan untuk merujuk pada kata benda tertentu atau tertentu; a/an digunakan untuk memodifikasi kata benda non spesifik atau non partikular. Kita menyebut artikel pasti dan a/an sebagai artikel tidak tentu .

Apa bedanya a dan The? ›

“A” digunakan sebelum kata benda tunggal yang dimulai dengan konsonan, misalnya: a boy; a car; a bike; a dog. “An” digunakan sebelum kata benda tunggal yang dimulai dengan vokal, misalnya: an elephant; an egg; an apple; an idiot. “The” digunakan untuk mengacu pada kata benda yang sifatnya spesifik atau khusus.

An untuk huruf apa saja? ›

Article "an" digunakan untuk menyatakan benda tunggal yang berawalan bunyi huruf vokal. Seperti bunyi huruf A, I, U, E dan O. Artikel “an” dapat berarti sebuah, seekor, atau seorang.

Apa yang dimaksud dengan kata the? ›

Kata the adalah salah satu kata yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris. Inilah satu-satunya definite article atau artikel pasti. Kata benda dalam bahasa Inggris diawali dengan artikel pasti saat penutur yakin bahwa pendengar sudah mengetahui kata benda yang dimaksud.

Bagaimana cara membedakan a dan an? ›

Penggunaan a dan an

Kita harus memerhatikan huruf awal dari kata bendanya. Jika diawali dengan a, e, i, o, dan u, maka kita menggunakan an, seperti an apple. Sedangkan jika kata bendanya diawali huruf konsonan, kita menggunakan a seperti “a bicycle”.

Mengapa menggunakan the? ›

Memakai the saat kalian yakin bahwa yang disebutkan memang hanya ada satu dan tertuju pada kata benda tersebut. Contoh: The sun is bright this afternoon; Mengaplikasikan the dalam klausa maupun kalimat yang menjelaskan atau mengidentifikasi seseorang/objek tertentu.

Kata The digunakan untuk apa? ›

The merupakan kata sandang yang digunakan pada definite article. The digunakan pada hal yang spesifik (telah jelas ataupun telah diterangkan sebelumnya) meliputi: person (orang), thing (benda), maupun idea (pemikiran).

Tambahan The Untuk apa? ›

Penggunaan “The”:

Digunakan sebelum kata benda tunggal atau jamak ketika objek atau orang tersebut sudah diketahui oleh pembicara dan pendengar. Digunakan sebelum benda yang unik atau tunggal di dunia (contoh: the sun, the moon).

Kapan menggunakan Some dan Any? ›

“Some” digunakan dalam kalimat positif. Contoh: I have some cookies in my bag. “Any” digunakan dalam kalimat negatif dan kalimat tanya. Contoh: I don't have any food.

A Beautiful termasuk kata apa? ›

Arti Kata "Beautiful" sebagai Kata Sifat

Sebagai kata sifat, "beautiful" digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang memiliki keindahan visual atau estetika yang menarik. Kata ini sering kali digunakan untuk mendeskripsikan objek atau subjek yang dianggap memukau atau sangat menarik mata dan perasaan kita.

Apa beda there is dan there are? ›

There is digunakan untuk benda, orang, hewan, atau objek lainnya yang jumlahnya satu atau tunggal. Sedangkan there are digunakan untuk objek yang berjumlah lebih dari satu atau jamak. Untuk kalimat dengan there are, maka tidak perlu menggunakan tambahan a/an.

Apa arti was dan were? ›

Was, fungsinya seperti penggunaan Is namun digunakan untuk bentuk lampau atau past tense. Was digunakan untuk subjek I, She, He dan It. – Were, fungsinya seperti penggunaan Are, namun digunakan untuk waktu lampau. Were merupakan to be yang digunakan untuk subjek You, We, They.

IS itu untuk kata apa? ›

Dalam bahasa Inggris, "is" adalah bentuk ketiga tunggal dari kata kerja "to be" yang berarti "adalah" atau "ialah". " "Is" digunakan untuk orang ketiga tunggal (he, she, it) dalam bentuk waktu sekarang (present tense).

Very itu apa? ›

Dalam bahasa Inggris, kata “very” memiliki arti, “sangat”. Biasanya, kata ini berperan sebagai penguat dalam kalimat yang tujuannya adalah menambah intensitas atau menekankan kualitas dari kata sifat atau adjective yang diikuti.

To be terdiri dari apa saja? ›

To be dalam bentuk present terdiri dari “am”, “are”, dan “is”. Dalam bentuk past, ada to be “was” dan “were”. sem*ntara dalam bentuk future, to be yaitu “be” dan dalam bentuk perfect yaitu “been”.

Apa fungsi akhiran an? ›

Sufiks –an hanya mempunyai satu fungsi sebagai pembentuk kata nominal.

The termasuk grammar apa? ›

The merupakan kata sandang yang digunakan pada definite article. The digunakan pada hal yang spesifik (telah jelas ataupun telah diterangkan sebelumnya) meliputi: person (orang), thing (benda), maupun idea (pemikiran).

Apa arti the dalam bahasa Indonesia? ›

The artinya dalam bahasa Inggris bila diterjemahkan secara langsung ke bahasa Indonesia memiliki beberapa makna. The artinya itu, ini, tersebut, atau -nya.

Kapan menggunakan do dan does? ›

Do digunakan pada subjek I, you, we, they, dan nama orang jamak. sem*ntara itu, does digunakan untuk subjek he, she, it, dan nama orang tunggal.

References

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Arline Emard IV

Last Updated:

Views: 6798

Rating: 4.1 / 5 (72 voted)

Reviews: 87% of readers found this page helpful

Author information

Name: Arline Emard IV

Birthday: 1996-07-10

Address: 8912 Hintz Shore, West Louie, AZ 69363-0747

Phone: +13454700762376

Job: Administration Technician

Hobby: Paintball, Horseback riding, Cycling, Running, Macrame, Playing musical instruments, Soapmaking

Introduction: My name is Arline Emard IV, I am a cheerful, gorgeous, colorful, joyous, excited, super, inquisitive person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.